Rabu, 07 Juni 2017

Pentingnya Pendidikan Islam Kepada Anak


Pendidikan merupakan kunci kesuksesan masa depan seseorang. Penddikan dapat dibagi menjadi pendidikan formal dan informal. Pendidikan formal adalah pendidikan yang ditempuh diberbagai jenjang sekolah. Sedangkan pendidikan informal adalah pendidikan yang diperoleh di rumah melalui orang tua, lingkungan sekitar. Banyak orang tua yang mendambakan kesuksesan anaknya dengan memberikan pendidikan formal yang terbaik dengan menyekolahkan anak-anaknya di sekolah favorit. Orang tua menganggap pendidikan formal sebagai pendidikan yang paling penting menomor duakan pendidikan yang dibangun lewat keluarga dan agama.
Padahal dengan memberikan pendidikan agama kepada anak, itu akan memberikan panduan bagi seseorang dalam menjalani kehidupan. Tanpa agama, seseorang itu tidak akan tau tujuan untuk apa sebenarnya hidup itu. Tanpa agama, seseorang itu tidak punya prinsip yang bisa membawa ia kepada kesuksesan menjadi seorang pribadi yang berkualitas . Tanpa agama, seseorang itu tidak memiliki pondasi yang kuat untuk menjalani hidup yang hakiki.
Dizaman yang hingar bingar akan gemerlap dunia ini, Sulit didapati anak yang paham akan agama. Sebenarnya itu adalah akar dari semua permasalahan. Ketidak tauan anak akan agama, akan mengacaukan segalanya. Pemahaman tentang agama seharusnya ditanamkan sejak dini oleh orang tua kepada anak-anaknya. Karena orang tua adalah pendidik pertama bagi anak , dari orang tua-lah anak mempelajari hal-hal mendasar dalam hidupnya. Orang tua juga harus bisa menyeimbangkan pendidikan formal dengan pendidikan agama bagi anak nya. Tidak hanya disekolahkan di sekolah favorit, namun anak juga harus diarahkan belajar agama di tempat berkualitas. Pendidikan formal yang tidak diimbangi dengan agama yang baik akan menciptakan sosok- sosok yang tidak peduli dengan orang lain, yang hanya memikirkan dirinya sendiri.
Jadi, pendidikan agama dan pendidikan formal ituharus dijalankan secara seimbang agar keduanya dapat saling melengkapi dalam mencapai kesuksesan. Bukankah kesuksesan itu tidak hanya diharapkan di dunia saja, namun juga diharapkan dapat diperoleh di alam sesudah kehidupan. Maka dari itu marilah kita didik anak-anak kita, adik-adik kita tentang agama sejak dini, namunjuga harus selaras dengan dengan pendidikan formal yang baik.

sumber : https://www.arqom.co.id/2017/02/pentingnya-pendidikan-islam-kepada-anak/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGUMPULAN DONASI UNTUK KORBAN BENCANA DI SULAWESI TENGAH

Sebagai wujud pengamalan Pancasila di tingkat sekolah dasar, maka seluruh siswa di SDN Srondol Wetan 01 mengumpulkan donasi un...